Pengertian dan Contoh Alat Musik Melodis Terlengkap

Alat musik adalah hasil karya seni manusia berupa instrumen yang dibuat ataupun dimodifikasi untuk menghasilkan suara dengan langkah tertentu. Serta dapat diatur oleh para musisi. Pada umumnya alat musik itu dibedakan jadi alat musik ritmis, alat musik melodis serta alat musik harmonis. Untuk kesempatan ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang alat musik melodis. Baik dari pengertian alat musik melodis hingga sampai mengenal contoh alat musik melodis baik yang sifatnya tradisional maupun yang modern.

Alat musik melodis merupakan alat musik yang umumnya membunyikan melodi pada suatu lagu.Dan pada umumnya alat musik ini tidak dapat memainkan chord secara sendirian. Definisi alat musik melodis diatas bisa juga berarti jika alat musik melodis tersebut adalah alat musik yang mempunyai irama ataupun nada. Serta fungsi alat musik melodis yaitu mengatur nada sebuah lagu. Pada sekarang ini kita dapt dengan mudah menemukan berbagai alat musik alat musik melodis. Baik dari yang sifatnya alat musik tradisional ataupun alat musik modern. Alat musik tradisional ini banyak dipakai oleh masyarakat setempat sejak zaman dulu dengan turun temurun. Lalu alat musik modern yaitu alat musik yang datang dari luar daerah dan biasanya sudah mendapatkan sentuhan teknologi.

Contoh Alat Musik Melodis

Sesudah kita mengenal definisi ataupun pengertian alat musik melodis. Dibawah ini kita akan mengenal tentang contoh alat musik melodis. Berupa instrumen musik tradisional ataupun modern beserta dengan penjelasannya. Terdapat banyak sekali jenis alat musik melodis yang bisa kita temukan pada saat ini, mulai dari yang sifatnya tradisional ataupun yang modern. Tetapi, beragam jenis alat musik tersebut juga bisa digolongkan berdasarkan pada cara memainkannya.

Biola

Biola merupakan contoh instrumen musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang distel dengan interval sempurna (G-D-A-E). Dan bedasarkan tinggi rendah nada yang didapatkan, biola juga dibedakan lagi menjadi beberapa jenis yakni biola alto, biola cello, serta biola double bass atau kontra bass (biola bernada tertinggi). Dalam bahasa Indonesia, pemain alat musik ini dikenal dengan nama violinis.

Akordion

Contoh instrumen  musik melodis modern berikutnya adalah akordeon. Akordeon yaitu alat musik sejenis organ yang dimainkan dengan cara digantungkan pada badan. Untuk tangan kiri pemain akan menekan tombol-tombol akord, sedangkan tangan kananya memainkan melodi dari lagu yang akan dibawakan. Di Indonesia, instrumen musik yang ditemukan C.F.L. Buschmann dari Jerman ini memang belumlah populer. Tetapi tidak dengan di negara-negara Eropa serta Latin.

Bonang

Bonang yaitu alat musik tradisional Jawa yang berdasarkan fungsinya juga digolongkan pada jenis alat musik jenis melodis. Alat musik ini dimainkan dengan langkah dipukul. Pada pertunjukan wayang serta upacara adat Jawa, bonang selalu ada serta menjadi pelengkap hiburan dari rakyat.

Angklung

Angklung yaitu contoh instrumen musik melodis tradisional Sunda yang telah terkenal ke seluruh penjuru dunia menjadi warisan dunia. Terbuat dari bahan bambu, alat musik yang dimainkan dengan digoyangkan ini menghasilkan suara melodis. Yang asalnya dari benturan pipa bambu dengan kayu yang terdapat di dalamnya.

Suling

Alat musik tradisional yang satu ini juga asalnya dari Jawa Barat. Suling termasuk pada jenis instrumen musik melodis sebab akan menghasilkan notasi ataupun nada yang indah bila dimainkan. Semuanya mungkin sudah tahu bila alat musik ini memang dimainkan dengan langkah ditiup. Cara bermain suling begitu mudah seperti yang telah diulas sebelumnya.