Fungsi Musik Secara Umum Lengkap dengan Penjelasannya

Di sini pasti anda semua sudah kenal dengan musik, mungkin setiap hari kita sudah mendengarkan musik. Musik memanglah telah menjadi gaya hidup dan juga makanan sehari-hari. Ada juga yang tidak dapat belajar kalau tidak sambil mendengarkan musik. Musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu, serta keharmonisan. Terutama dari bunyi yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama. Meskipun musik yaitu sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki serta mempersembahkannya merupakan suatu bentuk seni. Mendengar musik ialah sejenis hiburan. Musik merupakan sebuah fenomena yang begitu unik yang dapat dihasilkan oleh beberapa alat musik. Fungsi musik memang banyak sekali.

Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu kapan manusia mula mengenal seni dan musik. Musik merupakan salah satu dari kebudayaan, berarti musik diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya akan sebuah keindahan. Dapat diartikan bahwa musik memiliki fungsi dalam kehidupan manusia. Sekarang kita akan bahas apa aja sih Fungsi Musik itu sendiri, entah musik tradisional, musik modern, nusantara hingga mancanegara.

Fungsi Musik

Untuk lebih mendalami musik akan lebih baik anda mengetahui fungsi musik.  Fungsi musik diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Fungsi Musik Pengungkapan Emosional

Disini musik berfungsi sebagai suatu media bagi seseorang untuk mengungkapkan perasaan atau emosinya. Dengan kata lain si pemain dapat mengungkapkan perasaan atau emosinya nelalui musik.

Fungsi penghayatan estetis

Musik merupakan suatu karya seni. Suatu karya dapat dikatakan karya seni apabila dia memiliki unsur keindahan atau estetika di dalamnya. Melalui musik kita dapat merasakan nilai-nilai keindahan baik melalui melodi atupun dinamikanya.

Fungsi hiburan

Musik memiliki fungsi hiburan mengacu kepada pengertian bahwa sebuah musik pasti mengandung unsur-unsur yang bersifat menghibur. Hal ini dapat dinilai dari Melodi ataupun liriknya.

Fungsi komunikasi

Musik memiliki fungsi komunikasi berarti bahwa sebuah musik yang berlaku di suatu daerah kebudayaan mengandung isyarat-isyarat tersendiri yang hanya diketahui oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari teks atau pun melodi musik tersebut.

Fungsi perlambangan

Musik memiliki fungsi dalam melambangkan suatu hal. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek musik tersebut, misalmya tempo sebuah musik. Jika tempo sebuah musik lambat, maka kebanyakan teksnya menceritakan hal-hal yang menyedihkan. Sehingga musik itu melambangkan akan kesedihan.

Fungsi reaksi jasmani

Jika sebuah musik dimainkan, musik itu dapat merangsang sel-sel saraf manusia sehingga menyebabkan tubuh kita bergerak mengikuti irama musik tersebut. Jika musiknya cepat maka gerakan kita cepat, demikian juga sebaliknya.

Fungsi norma sosial

Musik berguna sebagai media pengajaran tentang norma-norma atau peraturan-peraturan. Penyampaian kebanyakan melalui teks-teks nyanyian yang berisi sebuah aturan-aturan.

Fungsi pengesahan lembaga sosial

Fungsi musik disini berarti jika sebuah musik mempunyai peranan yang begitu penting dalam suatu upacara . Musik termasuk salah suatu unsur yang paling penting serta menjadi bagian pada upacara. Tidak hanya sebagai pengiring saja.

Fungsi kesinambungan budaya

Fungsi musik ini hampir sama dengan fungsi yang berhubungan dengan norma sosial. Dalam hal ini musik berisikan mengenai ajaran-ajaran untuk meneruskan sebuah sistem pada kebudayaan terhadap generasi  yang selanjutnya.

Fungsi Pengintegrasian Masyarakat

Musik mempunyai fungsi dalam pengintegrasian masyarakat. Suatu musik apabila dimainkan dengan cara bersama-sama. Maka dengan tanpa disadari musik tersebut menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain ataupun penikmat dari musik itu.