Unsur Unsur Musik dan Pengertiannya Secara Luas

Wajib bagi seorang siswa mengetahui unsur-unsur musik. Apalagi untuk kalian yang ingin mengarang atau menciptakan sebuah lagu. Ada syarat-syarat dalam mengarang lagu yang memang selain bakat sebaiknya menguasai teori musik serta unsur unsur musik nya. Sebab dalam apresiasi seni musik selain nada serta syair. Lagu itu terdiri dari berbagai unsur musik yang telah digabungkan. Tanpa adanya penggabungan dari unsur unsur musik  maka tidak akan mungkin terbentuk sebuah lagu. Dengan kata lain lagu akan berbunyi jika semua unsur unsur musik terpenuhi. Kesimpulannya adalah seberapa pentingkah unsur-unsur seni musik dalam lagu? Maka jawabanya adalah sangatlah penting dengan berbagai alasan diatas.

Unsur Unsur Musik

Adapun Unsur-Unsur Musik Yang dapat membentuk Sebuah Lagu sebagai Berikut:

NOTASI MUSIK

Sebuah nada tidak dapat mungkin terlihat dengan kasab mata. Untuk sebuah Nada tidak berwujud serta tidak memiliki rupa. Akan tetapi Nada itu dapat didengar atau diperdengarkan. Nada hanyalah mampu didengar oleh manusia dengan frekuensi tertentu saja. Apabila terlalu rendah maka tidak mungkin dapat untuk didengar. Nada merupakan bunyi yang getarannya teratur. Nada dapat dituliskan dengan simbol-simbol notasi. Dengan simbol-simbol itulah kita dapat menyanyikan lagu. Notasi Musik dibedakan menjadi 2 antara lain adalah Notasi angka serta Notasi Balok.

TANDA KUNCI

Tanda kunci akan menjadi unsur yang penting dalam seni Musik. Ini disebabkan karena dengan adanya kunci-kunci tersebut maka lagu dapat diamainkan. Untuk Kunci-kunci tersebut juga tidak bisa lepas dari Notasi angka serta notasi balok. Kunci termasuk Tanda yang dipakai pada garis paranada untuk menunjukkan pada letak titinada. Oleh sebab itu Pembagian Tanda Kunci akan membedakan Nada-nada tinggi ataupun Nada-nada sedang ataupun bahkan Nada-nada Rendah.

MELODI

Melodi juga termasuk unsur seni mUsik yang sangatlah penting. Dan Melodi merupakan Rangkaian Sejumlah Nada ataupun bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendah ataupun Naik turunnya. Apabila seseorang ingin mengungkapkan penuh nada-nada ataupun bahkan sebagian. Maka dari itu melodi menjadi media penting guna dipelajari. Dan dengan Kata lain, melodi ialah bentuk ungkapan penuh ataupun cuma penggalan ungkapan nada. Melodi yang baik itu ialah melodi yang intervalnya terjangkau oleh alat musik ataupun suara manusia. Tidak terlalu tinggi dan juga yang tidak terlalu rendah.

RITME / IRAMA

Nama ritme ataupun irama ini digunakan oleh pedangdut kita ataupun Raja Dangdut kita Rhoma Irama. Memang juga ada hubungannya. Hubungannya yaitu Beliau ini Penyanyi serta pencipta lagu, tentunya layak menyandang Gelar Irama. Okey  masuk pada pembahasan saja. Irama merupakan Gerak Teratur sebab munculnya Aksen secara tetap. Keindahan Irama akan bisa tercipta jika adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan-satuan bunyi atau nada.

Bagaimana merasakan sebuah ritme. Sesungguhnya sangatlah mudah, yakni dengan cara mendengarkan lagu dengan cara berulang-ulang. Ritme ataupun irama ini akan mendarah daging apabila dilatih. Pola iramanya menyuguhkan perasaan ritmis sebab hakekatnya irama ini akan menggerakkan perasaan yang erat hubungannya dengan gerakan fisik.

Oleh karena itu pada tiap ragam musik daerah dapat menghasilkan pola irama yang berbeda-beda. Sampai memunculkan berbagai macam irama, seperti Irama Dangdut, Irama Keroncong, Irama, Melayu, Irama POP, Gambus dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai unsur unsur seni musik yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca ulasan ini baik itu pelajar maupun anda yang sedang ingin menggarap sebuah lagu.